SEKILAS INFO
: - Rabu, 28-09-2022
  • 2 tahun yang lalu / Stay At Home
  • 5 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
Memahami Sistem Operasi pada Komputer

Dalam menjalankan sebuah komputer, sistem operasi merupakan komponen software yang paling penting. Sistem operasi memanajemen hardware pada komputer seperti memory (RAM)processor dan semua software dan hardware. Dengan adanya sistem operasi kita dapat berkomunikasi dengan komputer tanpa harus mengerti dengan bahasa komputer tersebut. Sebuah komputer tidak akan dapat digunakan tanpa adanya sistem operasi.

Pekerjaan Sistem Operasi

Sistem Operasi (SO) memanajemen semua perangkat software dan hardware pada kompute. Pada umumnya ada beberapa program komputer yang berjalan di waktu yang sama dan semua program tersebut membutuhkan akses ke computer’s central processing unit (CPU), memory dan media penyimpanan. Sistem operasi mengkoordinasikan semuanya, sehingga masing-masing program atau aplikasi tersebut mendapatkan source hardware yang dibutuhkannya.
Jenis-Jenis Sistem Operasi
Ketika kita membeli sebuah komputer, biasanya sistem operasi sudah include saat pembelian. Walaupun kebanyakan orang menggunakan sistem operasi yang sudah include tersebut, tidak lepas kemungkinan untuk mengupgrade maupun mengganti sistem operasi tersebut.
Saat ini ada tiga jenis sistem operasi yang populer digunakan oleh banyak orang, yaitu Microsoft WindowsMac OS X dan Linux
 
Sistem operasi terbaru menggunakan graphic user interface (GUI) yaitu sistem operasi yang berbasis grafik. Pada sistem operasi ini memungkinkan kita untuk menggunakan mouse untuk mengklik icontombol dan menu semua tampilan interface pada layar menggunakan kombinasi grafik dan text.
Beberapa sistem operasi memiliki tampilan yang berbeda-beda, jadi ketika kita mengganti sistem operasi, pada awalnya tentu akan kurang familiar dengan tampilan tersebut, namun dengan kemudahan interface yang diberikan tentu kita akan terbiasa dan biasanya perintah-perintah dasar dari beberapa sistem operasi dapat dikatakan hampir sama.

 

Microsoft Windows
Mac OS X
Sebelum menggunakan interface berbasis GUI, komputer menggunakan interface berbasis text atau dikenal juga dengan nama command line. Pada sistem operasi berbasis text atau command line ini, pengguna mengetikan perintah pada command line, dan hasilnya komputer juga akan menampilkan hasil dalam bentuk text.

Microsoft Windows

Microsoft membuat sistem operasi windows pada pertengahan 1980. Kemudian setelah beberapa tahun, muncul beberapa versi dari windows tersebut, namun yang paling terbaru saat ini adalah Windows 10 (di rilis tahun 2015), Windows 8 (rilis tahun 2012), Windows 7 (2009) dan Windows Vista (2007). Windows sering dipakai di setiap komputer-komputer baru sehingga sistem operasi ini menjadi sangat populer di dunia.

 

Saat kita membeli sebuah komputer atau mengupgrade versi dari windows, kita diberi kebebasan untuk memilih beberapa edisi keluaran windows, diantaranya adalah Home PremiumProfessional dan Ultimate. Bingung ingin memilih edisi windows yang sesuai, untuk itu tentu kita butuh beberapa referensi dan fitur yang sesuai untuk kita gunakan
Kunjungi Microsoft’s Windows page untuk mengenal lebih jauh tentang sistem operasi ini
Nantikan juga tutorial kami selanjutnya tentang Windows 10Windows 8Windows 7 dan Windows XP
Mac OS X
Mac OS adalah jenis sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini biasanya hanya diinstall pada komputer Macintosh atau Macs. Semua versi terbaru dari Mac OS dikenal dengan istilah OS X, dan sama seperti windows, Mac OS juga memeliki beberapa versi, diantaranya Yosemite (dirilis 2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), Lion (2011), dan Snow Leopard (2009). Apple juga menawarkan versi Mac OS yang dikenal dengan nama Mac OS X Server, yang di desain khusus untuk jalan di komputer server.
Menurut uji statistik secara global, pengguna Mac OS X digunakan oleh sekitar 9,5 %  pengguna di dunia, dan tentu saja jauh lebih rendah daripada presentase pengguna windows yang sudah mencapai sekitar 90% pengguna didunia. Salah satu alasan kenapa presentasi Mac OS X lebih kecil adalah harga yang relatif mahal, namun beberapa orang tentu ada yang lebih suka dengan tampilan dan interface dari Mac OS X.
Nantikan tutorial kami berikutnya tentang OS MaverikMountain Lion dan Lion.
Linux
Linux (LINN-ux) termasuk kedalam golongan sistem operasi yang open source, artinya terbuka lebar kesempatan untuk memodifikasi dan mendistribusikan kepada siapapun di dunia. Sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi Microsoft Windows yang hanya bisa di modifikasi oleh perusahaan pemiliknya yakni Microsoft.Salah satu keuntungan linux adalah software atau sistem operasi ini gratis dan tentu saja juga mempunyai banyak versi yang berbeda. Masing-masing versi mempunyai perbedaan tampilan-tampilan yang menarik dan yang paling populer dari sistem operasi Linux adalah UbuntuMint dan Fedora.

Linux diberi nama oleh Linus Torvalds, yang menciptakan kernel Linux pada tahun 1991. Kernel adalah kode komputer yang merupakan sumber dari sebuah sistem operasi.

Menurut statistik dunia, pengguna linux kurang dari 2% dari penggunaan sistem operasi di seluruh dunia, namun tahukah anda?? kebanyakan server menggunakan linux sebagai platform, hal ini dikarenakan linux lebih mudah untuk di customize.

Untuk mengenal lebih jauh tentang masing-masing versi linux kita dapat mengunjungi website UbuntuMint dan Fedora. Untuk yang lebih lengkap dapat mengunjungi website MakeUseOf’s list of The Best Linux Distributions.

Sistem Operasi untuk Perangkat Mobile
Beberapa paragraf diatas kita sudah membahas tentang sistem operasi yang dirancang untuk berjalan pada komputer desktop atau laptop. Sistem operasi berikutnya adalah sistem yang dapat berjalan di perangkat mobile seperti komputer tabletponselmp3 player dan perangkat lain yang berbeda dengan komputer desktop dan laptop. Beberapa sistem operasi yang dirancang untuk perangkat mobile diantaranya adalah: Apple iOSWindows PhoneGoogle dan Android.

Pada gambar dibawah ini kita dapat melihat Apple iOS yang berjalan pada perangkat iPad.

Sistem operasi untuk perangkat mobile umumnya tidak berfungsi penuh seperti yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, dan sistem operasi ini tidak mampu menjalankan semua perangkat lunak yang sama. Namun, dengan semakin banyaknya fitur yang dikembangkan oleh developernya kita bisa melakukan banyak hal, seperti menonton filmbrowsing Webmengatur kalender, dan bermain game. Bahkan saat ini beberapa sistem operasi ini hampir bisa dikatakan sama seperti sistem operasi pada komputer desktop dan laptop.

 

TINGGALKAN KOMENTAR