SEKILAS INFO
: - Selasa, 27-09-2022
  • 2 tahun yang lalu / Stay At Home
  • 5 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
ANBK SMK N 4 PARIAMAN

BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan jika ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah.ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.AN dirancang tidak hanya sebagai pengganti UN dan Ujian Sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikanSedangkan UNBK atau kerap disebut sebagai Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Monitoring Dari Pengawas KCD Wilayah II DInas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs.Ismanur dan Drs.Damanhuri Diterima Oleh Kepala SMK N 4 Pariaman Drs.Abdul Haris dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sumarlan,S.Pd di Ruang Kepsek SMK N 4 Pariaman (ws)

ANBK terdiri dari tiga bagian, yakni:1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)Mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.2. Survei KarakterMengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.3. Survei Lingkungan BelajarMengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaranBerikut adalah jadwal pelaksanaan AKM dalam program ANBK berdasar hasil rapat Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim bersama Komisi X DPR-RI:1. SMK dan Paket C: 20 – 23 September 2021.2. SMA dan MA: Pekan keempat September 2021.3. SMP dan MTS: Pekan pertama September 2021.4. SD: Pekan kedua Oktober 2021.Nantinya pada ANBK 2021, responden murid akan dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 orang murid SD/MI, 45 murid SMP/MTs, serta 45 murid SMA/SMK/MA di satuan pendidikanAdapun jadwal simulasi ANBK telah dilakukan pada tanggal 23 – 26 Agustus 2021 untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK sederajat..Dan Alhamdulillah pada hari ini SMKN 4 Pariaman juga melaksanakan ANBK semoga mendapatkan hasil sesuai dengan harapan kita semua..

ANKB harus dilaksanakan Jujur dan Berintegritas Ucap Drs.Ismanur dan Monitoring Kali ini.(RN/WS)

Proses Verifikasi dan Monitoring (WS)

TINGGALKAN KOMENTAR