SEKILAS INFO
: - Selasa, 27-09-2022
  • 2 tahun yang lalu / Stay At Home
  • 5 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
Pelatihan GNSS di SMK Negeri 4 Pariaman dari Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Padang (ITP) Tahun 2021

Sistem GNSS yang paling banyak diketahui orang adalah Global Navigation System (GPS) yang dikembangkan oleh United States Department of Defence dan saat ini dikelola oleh United Air Force 50th Space Wing. Sistem GNSS lainnya adalah GLONASS milik Rusia dan beberapa lainnya antara lain Galileo milik Eropa, Beidou milik China, serta beberapa sistem GNSS yang masih dikembangkan seperti QZSS milik Jepang dan IRNSS milik India.

Untuk melakukan pengukuran menggunakan GNSS dan mendapatkan akurasi yang bagus dibutuhkan setidaknya dua receiver GNSS yang mengukur koordinat secara bersamaan menggunakan metode pengamatan fase. Pada umumnya, receiver yang diletakan di titik yang telah diketahui koordinatnya disebut stasiun referensi (biasa disebut “master” atau “base”). Sedangkan receiver lain yang diletakan di titik yang ingin kita ketahui disebut rover. Metode untuk mendapatkan koordinat relative ini disebut Differential GPS.

Perkembangan pada GNSS, terutama pada GPS, telah menuju pada penggunaan Continuous Operating Reference System (CORS) yang membutuhkan sinyal dari GPS tanpa adanya interupsi. Sebagai tambahan, CORS juga diperlukan untuk melakukan penyimpanan data dan pada beberapa kasus perlu juga untuk bisa mengolah data yang kemudian data tersebut akan dikirimkan ke receiver rover. CORS membantu pengguna receiver GNSS sehingga pengguna bisa melakukan pengukuran dengan hanya menggunakan satu receiver.

Dalam pengukuran dan survei GNSS sangat diperlukan. Salah satu kompetensi keahlian di SMK N 4 Pariaman adalah Teknik Geomatika (Survei Pemetaan) juga sangat memerlukan pengayaan materi tentang GNSS ini.

Seiring gayung bersambut Institut Teknologi Padang (ITP) Prodi Teknik Geodesi Sumatera Barat dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satu adalah melaksanakan Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 4 Pariaman terutama Tim pengajar Teknik Geomatika mendapat tambahan ilmu tentang Survei dan Pemetaan.

Tim yang komandoi Dwi Arini,MT (Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP), Fajrin,M.Si, Dwi Marsiska Driptufany,MS, Ilham Armi,MT dan Saiyidinal Fikri MT memberikan pelatihan GNSS di SMK Negeri 4 Pariaman Kamis 12 Agustus 2021

Pembelajaran Teori GNSS
Pembukaan Kegitan Pengabdian Masyarakat ITP Padang di SMK Negeri 4 Pariaman oleh Drs.Abdul Haris Kepala SMK Negeri 4 Pariaman
Praktek Pemakian Peralatan
Tim ITP Padang dengan Tim SMK Negeri 4 Pariaman

Pelatihan sehari penuh ini dibuka oleh Drs.Abdul Haris Kepala SMK Negeri 4 Pariaman dan civitas akademi kedua institusi pendidikan. Dalam sambutannya Drs.Abdul Haris berharap kerjasama ini terus berlanjut terutama dalam program Merdeka Belajar yang sedang digalakkan Pemerintah.

Dengan adanya program Merdeka Belajar dari ITP Padang proses Transfer ilmu baik untuk GTK dan Peserta Didik Menjadi lebih baik dan berkesinambungan.

Menurut Sumarlan,S.Pd (Waka Kurikulum sekaligus GTK Teknik Geomatika) pelatihan ini sangat bermanfaat bagi SMK N 4 Pariaman. Semoga kegiatan ini berlanjut terus untuk memajukan pendidikan di Sumatera Barat. (WS)

TINGGALKAN KOMENTAR